Kamis, 25 Juli 2019

3 Cara Merawat Gebyok Kayu di Rumah Modern




Cantik, mewah dan kuat, bagaimana cara merawat gebyok kayu jati?

Selain kuat, kayu jati asli gebyok Jati memang menghadirkan kesan mewah dan etnik sekaligus di tempat tinggal. Tapi bukan berarti kayu gebyok tidak perlu perawatan khusus. Jaga gebyok jati dengan hati-hati agar terlihat lebih cemerlang, kokoh, dan tahan lama dengan tips di bawah ini.

Hati-hati saat membersihkan

Proses membersihkan gebyok kurang lebih sama dengan bahan kayu pada umumnya. Tetapi karena gebyok memiliki banyak detail ukiran, gunakan sikat kecil yang lembut untuk mencapai sudut yang sulit. Lakukan pembersihan secara menyeluruh dan berulang-ulang agar gebyok benar-benar bersih. Anda juga dapat menggunakan kain lap untuk membersihkan sudut-sudut besar di bagian luar gebyok dari debu dan kotoran. Setelah dibersihkan dari debu, lapisi gebyok dengan lapisan pelindung khusus untuk obat kayu dan rayap.

Pulas dengan minyak jati

Untuk mendapatkan warna alami, Anda bisa menggunakan minyak jati. Selain mengembalikan warna kayu gebyok yang sudah pudar, minyak jati juga akan membuat bahan jati tampak seperti baru saja kembali. Untuk mendapatkan efek aroma yang menyegarkan, campurkan parfum cendana atau gaharu dalam minyak jati selama proses pemolesan. Kebanggaan gebyok Anda juga akan memancarkan aroma kayu yang khas.

Hindari sinar matahari langsung

Hindari menempatkan gebyok kayu dari sinar matahari langsung untuk mencegah risiko kusam, retak, dan melengkung. Tempatkan gebyok kayu dalam kondisi suhu ruangan normal dan tidak terlalu lembab. Selain itu, lindungi permukaan furnitur dengan benar untuk menghindari goresan, noda, atau warna yang dapat menghilangkan keindahan kayu gebyok atau furnitur dengan ukiran kayu terperinci lainnya. Misalnya, Anda bisa menggunakan taplak meja untuk meja dan memberi busa pada kursi.

Jika Anda melakukan metode di atas dengan benar dan teratur, bahan gebyok Anda akan bertahan lama dan menjadi pusat perhatian bagi tamu yang datang berkunjung. Bisa jadi, gebyok kayu Anda bahkan bisa menjadi warisan keluarga nantinya. selain gebyok jati anda juga bisa mendapatkan informasi tentang Mimbar Jati dan Gazebo Kayu

1 komentar: