Minggu, 29 September 2019

Bagaimana cara mengatur interior kamar tidur?

Bagaimana cara mengatur interior kamar tidur?


Ukuran kecil/di bawah 9 meter persegi: 
Cara termudah untuk menghemat ruang adalah dengan menggunakan tempat tidur bertingkat yang menyisakan banyak ruang dibawahnya untuk furnitur lain. Alternatif lain adalah tempat tidur lipat atau menyisakan ruang di bawah tempat tidur untuk laci penyimpanan. Setelah menempatkan furnitur-furnitur terpenting maka anda dapat meninjau berapa banyak ruang yang ada untuk menempatkan lemari pakaian, meja dan kursi serta dekorasi.  

Ukuran sedang & besar/diatas 10 meter persegi:  

Relatif bebas untuk menentukan penempatan tempat tidur, lemari pakaian, meja studi dengan kursi, rak buku dikombinasikan dengan kursi tamu. Misalnya anda ingin ruang lebih untuk furnitur lain namun tetap mengutamakan privasi, maka anda dapat menempatkan partisi geser di sekitar tempat tidur atau sekedar tirai. Salah satu tips terpenting adalah jangan menutup sumber cahaya. Menempatkan tempat tidur di sebelah jendela dapat jadi ide buruk atau baik, tergantung dari arah dimana jendela dibangun. Jika menghadap ke timur, maka ada kemungkinan anda akan terbangun dengan silaunya cahaya matahari pagi dan merasa kurang nyaman. Secara umum, posisikan furnitur sesuai fungsi. Misalnya jika anda suka membaca maka tempatkan meja atau rak kecil di dekat tempat tidur untuk menempatkan buku dan kacamata baca anda agar lebih nyaman dan praktis.
Bagaimana cara membuat kamar tidur kecil terasa lebih luas?

Ubah warna cat: seringkali anda mengira warna krem dapat membuat ruang berkesan lebih lapang, tapi sesungguhnya warna putih lebih efektif untuk memberikan kesan lega.
Pilih furnitur sederhana dan berwarna netral
Letakkan cermin besar untuk memberikan ilusi ruang lebih lapang
Hilangkan sekat dalam ruang
Warna cat apa yang sebaiknya saya pilih untuk kamar tidur?

1. Biru
Pilih warna royal blue untuk kesan elegan. Cocokkan dengan furnitur dan sprei/bed cover berwarna putih.  

2. Cokelat 
Tak disangka, cokelat adalah salah satu warna yang paling dipilih untuk dinding kamar tidur karena memberikan nuansa hangat dan nyaman. Padukan dengan warna oranye lembut untuk menghasilkan efek maksimal.  

3. Ungu 
Ungu muda atau lavender juga masih populer karena selain cantik juga lebih fleksibel untuk ditata sesuka hati.  

4. Salmon 
Warna ini dijamin akan dapat memperbaiki mood anda dan membuat ruangan itu sendiri jadi lebih berwarna.    

5. Putih/beige 
Warna ini juga sering dipilih karena memberikan kesan bersih dan tenang. Namun jangan lupa menambahkan beberapa aksen warna agar tidak terlalu monoton.
Bagaimana mengatur kamar tidur sesuai feng shui?

1. Lokasi dan arah pintu
Pintu sebaiknya tidak diposisikan bertolak belakang dengan pintu dapur, kamar mandi ataupun berhadapan dengan pintu utama rumah.

2. Warna cat 
Sebaiknya pilih warna kalem seperti biru pucat atau hijau. Tetapi untuk pasangan baru misalnya, warna pink tidak disarankan karena cenderung memberikan efek emosional.  

3. Lokasi tempat tidur
Kamar tidur adalah ruang yang membutuhkan privasi tertinggi di dalam rumah. Maka sebaiknya tempat tidur ditempatkan jauh dari pintu. Selain itu sebaiknya juga tidak ditempatkan di depan pintu karena akan membawa sial. Posisi dimana tempat tidur ditempatkan sebaiknya memungkinkan anda untuk melihat seisi ruang dengan nyaman karena memberikan perasaan lebih tenang sehingga tidur pun lebih nyenyak.  

Secara umum sebaiknya tempat tidur tidak ditempatkan dekat dengan dinding kamar mandi atau berlawanan dengan pintu kamar mandi karena sistem air yang ada buruk untuk kesehatan, dan dapat menyebabkan masalah ginjal. Berada di posisi seperti ini buruk untuk punggung sehingga kualitas tidur pun akan buruk.    

4.  Arah tempat tidur     
Arahkan dimana ruang keluarga berada jika bisa. Menurut feng shui, kepala tempat tidur minimalis sebaiknya tidak menghadap ruang masuk karena ini adalah area dimana banyak orang akan lewat sehingga anda tidak akan dapat tidur dengan tenang sehingga menyebabkan pusing dan

0 komentar:

Posting Komentar