Sabtu, 28 September 2019

Mengenal Tentang Pintu Gebyok Jepara

Mengenal Tentang Pintu Gebyok Jepara



Mengenal Tentang Pintu Gebyok Jepara - Mungkin ada beberapa orang yang tidak tahu apa itu Gebyok? Gebyok adalah salah satu furniture khas Jawa dalam bentuk sekat ruangan khas Jawa, yang biasanya terbuat dari kayu jati. Biasanya digunakan untuk menyegel ruangan seperti ruang tamu atau ruang keluarga dengan kamar-kamar di rumah tradisional. Gebyok juga dapat diinstal sebagai pemanis pada halaman untuk sampai ke rumah tradisional. ataujuga sebagai pintu rumah seperti gebyok 2 pintu yang manis dan mewah.

mengapa ada gebyokGebyok yang tidak diukir atau bersatu, dan gebyok dibuat untuk memiliki ukiran dengan pola dan ornamen yang berbeda. Gebyok yang baik adalah ukiran yang detail dan halus, memiliki ukiran yang dalam dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan tiga dimensi. Kualitas kayu yang digunakan sebagai bahan baku untuk Gebyok umumnya adalah jenis kayu yang tahan cuaca dan lama digunakan sebagai dekorasi menawan yang indah. Terlepas dari keunikannya, Gebyok, sebagai partisi khas Jawa dengan nilai estetika dan nilai seni yang tinggi, hanya dapat ditemukan di Jawa, misalnya di wilayah Jepara dan Kudu.

Pada dasarnya gebyok berfungsi sebagai partisi ruangan, bisa juga digunakan untuk pintu masuk rumah, ada juga pajangan di gerbang masuk. Penerapan Gebyok tidak lagi menjadi elemen yang kaku seperti pada rumah tradisional Jawa. Gebyok juga dapat disesuaikan dengan ukuran atau fungsi tertentu karena gebyok dengan ukuran apa pun yang diinginkan dapat dipesan.

mengapa gebyok

Gebyok dapat disandingkan dengan furnitur kayu lainnya, baik itu ornamen maupun tidak. Kursi meja makan klasik atau modern atau bal jati besar (bal panjang) juga menambah suasana Jawa. Dapat juga dikombinasikan dengan furnitur besi dengan elemen ukiran, ada juga banyak rumah modern, di mana isolasi dengan elemen Gebyok dalam interior modern baik-baik saja, benar-benar fenomenal dan begitu kontras antara desain tradisional dan modern.

1 komentar: